Ar_yud's Blog

Saturday 1 March 2014

FAKTA DAN OPINI



Fakta adalah suatu hal atau peristiwa yang benar – benar terjadi. Sedangkan opini adalah suatu hal berupa pendapat yang belum tentu terjadi.

Ciri – ciri Fakta 
Sumbernya merupakan kejadian atau peristiwa atau hal yang atau objek yang ada di sekitar kita. Oleh karena itu fakta selalu bersifat faktual ( sesuai dengan fakta atau apa adanya )

Kebenarannya sesuai dengan kejadian, peristiwa, hala tau ojek yang diungkapakan atau dilaporkan. Artinya, selama yang mengungkapkan itu cermat dan bertanggung jawab, fakta pasti ada dan benar – benar terjadi.

Wujudnya pengungkapan dalam kalimat berita atau pernyataan. Contoh Fakta : Pada tahun 2007, internet telah dimanfaatkan orang Indonesia untuk berbagai keperluan.

Ciri – ciri opini :
Sumbernya merupakan hasil pemahaman seseorang mengenai fakta atau apa saja dan kemudian diungkapkan dalam pernyataan. Oleh karena itu opini bisa benar dan bisa juga salah

Kebenaran opini bergantung pada dua hal, yakni kebernaran faktanya dan kebenaran pemahamannya. Oleh karena itu, kebenaran opini bersifat relatif, yakni bergantung kebenaran fakta, pemahaman, dan cara pengungkapannya.

Wujud opini dalam bentuk kalimat berita atau pernyataan. Contoh : Penggunaan internet oleh orang Indonesia cenderung untuk hal – hal yang negatif. ( pernyataan ini bisa benar dan bisa salah, bergantung pada kenyataan yang ada.


Latihan dan pembahasan Membedakan Fakta dan Opini  Dari sebuah berita atau artikel bisa dilihat di postingan berikut : Klik Di Sini

No comments:

Post a Comment